Selasa, 12 April 2016

My Seoul Experience (Part 4)


Still the same day, hari ke-3 alias hari terakhir kami di Korea, hiksss T_T. Sekitar jam 7 malam, setelah selesai belanja di Namdaemun, saya dan neng harus berpisah karena itinerary kita malem itu berbeda. Saya harus segera ke Sukira. Karena saya ga tau perjalanan ke Sukira bakal memakan waktu berapa lama, gedungnya juga ga tau di mana persisnya, jadi meskipun siaran Ryeowook baru mulai jam 10 saya merasa jam 7 harus udah siap-siap berangkat hahahaha. Ya, kali ini HARUS berhasil ketemu oppa.

Setelah energi agak mendingan abis makan odeng, neng nganterin saya ke stasiun Hoehyeon (<<sampe sekarang ga bisa nulis nama stasiun ini tanpa nyontek, salah mulu nulisnya jadi Hyoyeon-nya SNSD). Di stasiun, kami diskusi sambil coret-coretin peta subway dari Hoehyeon ke National Assembly, tempat di mana KBS Sukira berada. Tapi di sini kami drama, lebih tepatnya saya sih, sayanya galau antara pengen mampir guesthouse dulu naroh belanjaan sambil ngelurusin badan atau langsung cus ke Sukira. Jadilah neng cariin rute line yang lewat Gajwa dulu (guesthouse kami). Ketika kami ribet sama rute subway, seperti biasa, iya untuk kesekian kalinya ya, tiba-tiba ada ahjussi yang nyamperin kami sambil bilang "Can I help you?". Wow, pasti kami heboh banget diskusinya sampe ada orang korea yang nawarin bantuan sambil berusaha pake broken English khas sana. Or, simply neng lah magnet semua ahjussi-ahjussi random selama ini. HAHAHAHA.

Si ahjussi nanya saya mau ke mana, saya sebutin lah mau ke National Assembly, lalu dia pun ngejelasin sambil coret-coret di peta kami, ngasih tanda dari line 4 stasiun Hoehyeon pindah ke line 9, transit di stasiun Dongjak. Akhirnya setelah mengucapkan terima kasih, karena nggak enakeun sama ahjussi-nya saya nurut ga mampir guesthouse dulu. Well, rute terdekat emang ga lewat line-nya stasiun Gajwa sih. Saya pasrah bobonya ntar pas di subway aja. Kami berpisah setelah bawa bekel 15 ribu won buat ongkos pulang naik taksi ke guesthouse karena Sukira-nya selesai jam 12 di mana subway udah ga beroperasi jam segitu. Dadah neng. Selamat melanjutkan belanja kembali.

Sesuai saran ahjussi tadi, saya transit di stasiun Dongjak. Di kemudian hari saya menyesal, ada sebuah fakta keren terjadi di sini hari itu dan saya baru tahu baru-baru ini ketika udah pulang hahaha. Ada apakaaaah sebenarnya? Ternyata hari itu, Siwon (yang saat itu sedang wamil) lagi ada police campaign, judulnya sih melawan kekerasan pada anak. Dia nganterin seorang cewek keliling stasiun-stasiun di Seoul sambil pake mascot head. Gosip yang beredar sih dia keliaran di line 2, lalu ada foto ini.

Iya, ini Dongjak Station buibuuu.. which is I was there too that day. Numpang transit doang sih ya dan ga papasan sama polisi ganteng a.k.a Siwon juga. Masih inget banget, saya sempet nanya ahjumma penjaga kios di tengah koridor itu, nanya apa bener kalo mau ke arah Yeouido/National Assembly lewat situ. Trus si ahjumma baik hati itu menjawab saya harus turun menuju line 9. Iya kalo di foto Siwon di atas, saya harus turun lewat eskalator di kanan belakang dia itu. Huhuhuhuhu bapeeeerr T_T we were actually that close, but may be time was not with us, uri masii..

Jam 8 malam saya akhirnya keluar dari stasiun, menyusuri jalan sesuai arahan blog buat ke Sukira. But yes, saya nyasar ke gedung KBS satunya karena keburu belok kanan padahal menurut arahan masih lurus terus. Akhirnya karena ga ada tanda-tanda kehidupan Ryeowook di situ saya keluar gedung dan nanya orang. Kali ini yang saya temuin bukan ahjussi-ahjussi. Tapi juga ga bakal saya panggil oppa karena oppa saya cuma satu, Ryeowook seorang :p Jadi orang tadi tau banget Sukira di mana dan dia nganterin saya sampe depan Sukira nya banget. Terharu T____T Dia bisa English dikit, dan dia heran saya ke Sukira nya kepagian banget padahal yang dia tau siaran baru mulai jam 10 malem lol. 

Sampe di depan pager gedung dia pamit pergi dan ga lupa saya ngucapin gamsahamnida berkali-kali hahaha.
Aaaah finally Sukira was in front of my eyes. Gedung KBS ini dikelililingi satpam yang senjatanya shotgun panjang, sempet kaget sih tapi di blog Ka Mei bilang, mereka adalah satpam-satpam yang baik hati.
Lalu saya setengah lari dengan excitednya nongkrongin jendela Sukira, di mana fans bisa liat ruang siaran di dalem secara langsung. Jendelanya mirip akuarium gede lol. Ada tempat duduk juga di depan jendela yang emang sengaja buat fans duduk sambil nonton siaran. 

Saat itu ada banyak cowo-cowo yang nonton karena DJ yang lagi siaran cewe, entah ya artis siapa, saya ga kenal hahaha.Tapi fans Ryeowook juga udah ada beberapa yang dateng. Ada salah satu fans lagi nempelin kertas-kertas bertuliskan tanggal 3 Februari 2016 KBS Sukira. Oke, dari pengamatan saya menyimpulkan  kegiatan yang mba mba ini lakukan sebenernya ngejipin posisi buat Sukira edisi besoknya. Demi apa ga tau, padahal kalaupun Kyuhyun ultah juga ga ada jadwal ke Sukira.

Malem itu dingin banget. Neng sempet ngabarin dia cek weather katanya udah -8 C wth. Pantesan dingin banget. Akhirnya saya nunggu di dalem lobby KBS di mana ada beberapa fans Ryeowook juga nunggu di situ. Here it is, the legendary KBS lobby, yang selama ini cuma bisa liat lewat hasil foto dan fancam oppa-oppa keluar dari lift, sekarang bisa liat langsung di depan mata hahaha. 
Ga berasa udah sekitar jam setengah 10an saya nunggu di situ. Ada seorang fans baru dateng dan dia duduk di sebelah saya. Iseng nanya, ternyata dia orang korea. Dia baru aja dari acara Ryeowook yang di COEX SMTOWN atrium itu pemirsa. Inget kan X Banner yang di postingan ini saya ceritain. Ternyata acara yang di COEX itu adalah fansigning, dia ga ikut acaranya sih, tapi katanya sempet liat Ryeowook. Dia cerita Ryeowook lagi ga mood di acara tadi sampe ga ngomong banyak-banyak karena dia dateng telat banget dari acara sebelumnya, Simply K-Pop. 
Dan beneran aja, udah jam 9.45 pm tapi Ryeowook belum nongol keluar dari lift KBS, yang berarti dia lewat pintu lain untuk masuk ke ruang siaran. Tuh kan dia lagi ga mood deh :( Fans yang tadinya di lobby akhirnya pada lari-lari ke jendela depan ruang siaran, termasuk saya. Ryeowooknya? Tentu aja udah duduk manis di ruang siaran hahahaha. Sial, berasa main kucing-kucingan sama oppa satu ini LOL.

Meskipun saya baru aja ketemu Ryeowook persis sebulan yang lalu di KRY Jakarta, tapi tetep beda lah sis rasanya. Sukira ini satu-satunya kesempatan di mana para overseas fans at least bisa ketemu salah satu oppa-oppa Suju langsung di Korea. Sebelum berangkat Korea, saya tentu udah masukin Sukira dalam bucket list. Bahkan sampe research jadwal bora-nya. Ka Mei sempet kasih tau juga caranya cari jadwal bora ini, yaitu kuncinya ada tulisan *보이는 라디오* atau dibacanya "boineun radio"alias bora. Nah kalo ada tulisan itu berarti hari itu akan ada bora. Jika tidak ada, berarti tidak ada bora. 

Yes, that day I was legit as Sukira audience lol. Sebenernya saya ga ngerti sih Ryeowook ngomong apa aja selama siaran, tapi tetep aja bahagiaaa bisa ngeliatin bias selama 2 jam penuh siaran lol. This is exactly a feeling that only fangirl can understand anyway. Oh iya, trus gimana tadi Ryeowook yang bad mood? Hahaha, dia keliatan banget lagi jelek moodnya, biasanya dia main-main ke ruang mixer which is deket banget sama jendela gede di depan para fans yang lagi nonton, nah hari itu dia ga banyak jalan-jalan, duduk aja di depan mic. Bahkan, saat break muterin lagu, ada staff yang nganterin satu cup es krim buat Ryeowook. Dan dia makan dengan happy, sumpah cute banget :( May be he want to boost his mood by eating that ice cream. So obvious karena setelah itu dia udah ga begitu bete mukanya. Hahaha.
Happy banget dikasih es krim :|

Serius sama es krimnya
Sekitar jam 11an, fans-fans yang tadinya lumayan banyak sekitar 15-an orang, jadi  berkurang. Si anak korea yang tadinya bareng sama saya juga udah balik duluan. Yaiya, siapa yang tahan berada di luar ruangan dengan suhu minus 8 itu :( Akhirnya tempat nonton jadi agak leluasa, bahkan para fansite masternim dengan kamera super gedenya bisa pindah-pindah posisi. Setiap Ryeowook mengangkat kepalanya, atau doing something cute, atau bahkan gerak dikit aja, setiap kamera itu langsung bunyi jepret-jepret juga hahaha. Daku mah apa, cuma bekel mirrorless seadanya jadi cuma asal jepret aja (asal jepret tapi tiba-tiba ada 200 foto lebih isinya Ryeowook semua lol).

Udara winter malem itu semakin menusuk, angin berasa nampar-nampar pipi, gigi udah bergemeletuk karena menggigil. Kadang untuk mengusir dingin, saya juggling between duduk jongkok, bulet-buletin syal ke seluruh kepala, atau sekedar dadah-dadah hopeless ke oppa. Rasanya udah pengen banget menyerah pulang aja. Saya sempet berharap semoga Ryeowook notice kami yang di luar ini berusaha mati-matian melawan dingin demi dia.

And my wish was suddenly granted. Jam 11.31 dia bergerak. Dia ke ruang mixer sambil dadah-dadah ke SAYAAAA para fans di luar. Terus dia masuk entah ruangan apa, sampe ga terlihat lagi, sepertinya lagi ngobrol dengan staff. Lalu dia cepet-cepet keluar lagi ke balik ke ruang siaran LOL oppa nomu kiyowooo.
11.31 KST Oppa berdiriiii!
So precious T___T He waved to me... yeah to fans

brb sembunyi
3 menit kemudian balik ke ruang siaran lol
Sejak itu, semacam ada kekuatan baru yang buat saya mampu bertahan for the next thirty minutes standing under that cruel weather. Energi saya jadi fully charged 100%. Badan tiba-tiba langsung anget dan udah ga berasa lagi suhu minus 8, mau minus 20 juga ayo aja lanjut nongkrongin Sukira hahahaha *nggak deng*. It was sooo precious, karena dia akhirnya, meskipun tadinya bad mod, nyempetin nyapa fans di luar. And hey, may be he noticed me too as the one and only who wears hijab that night sambil dadah dadah kaya orang alay dan lagi emang udah dikit banget yang nonton jam segitu *ngarep*. Ketika lagi ada guest pun, dia juga sempet nyamperin ruang mixer lagi, main sembunyi-sembunyian lagi hahaha. Everytime dia mendekat, fans-fans langsung teriak kegirangan, well of course sambil nggak lupa ngejepret kkkk.

Untuk pertama kalinya, saya berharap 30 menit berikutnya bakal berjalan lebih lambat, hahahaha. Tapi ternyata nggak. Waktu berasa cepet banget, sampe akhirnya udah masuk sesi foto-foto sama guest. Fans yang ga banyak tersisa ini pun langsung berlarian ke dalem lobby KBS lagi buat siap-siap nontonin Ryeowook tanpa jendela pembatas, hahaha, iya semua udah siap-siap berbaris rapi menyambut Ryeowook jalan ke lift gedung. And finally he walked in sambil dadah sesekali. Dia jalan ke arah lift dan lagi asik ngobrol sama guest Sukira tadi. Sampe akhirnya dia pun hilang ditelan bumi masuk lift. I was just really grateful that day, he closed my last night in Korea beautifully :''''')


Begitu Ryeowook pulang, saya langsung keluar buru-buru cari taksi sebelum mati kedinginan di jalanan. Ada banyak taksi, tapi mereka ga ada yang bisa English meskipun si driver udah saya tunjukin alamat guesthouse di hp saya. Sampe ada satu driver taksi yang akhirnya mau anter. Dia awalnya nanya apa ada yang bisa jelasin alamatnya pake bahasa Korea dan saya langsung terpikir satu-satunya yang bisa bantu cuma Kani. Akhirnya saya telfon Kani buat mengarahkan si driver ajhussi ke alamat guesthouse. Huwaaa~ I really owe youuu Kani, karena akhirnya si ahjussi ngerti alamatnya.
Isi chat sama neng malem itu di saat hampir mati kedinginan


Bertahan hidup di suhu minus delapan derajat celcius

Seharusnya sih aman-aman aja naik taksi di Korea meskipun tengah malem, each driver has GPS in his taxi. Cuma ngerinya, si ahjussi satu ini nyetirnya ngebut parah :| Terus sepanjang jalan dia ngomel pake bahasa Korea, yang saya tangkep sih intinya kebanyakan supir taksi awam bahasa Inggris, jadi paling nggak ada yang bisa ditelpon di lokasi tujuan buat jelasin alamat dalam bahasa Korea ._. Akhirnya ketika sampai saya ucapin kamsahamnida sambil bayar argonya 9400 won. Alhamdulillah masih batas normal sih argo segitu dari daerah Yeoido ke Mapo-gu.

Sampai di guesthouse saya langsung gogoleran di lantai kayu yang anget banget sementara mulut nyerocos macem story telling ke neng dari nonton Ryeowook sampe balada taksi barusan. Hahaha. Trus iseng ngecek weather ternyata malem itu udah -11 celcius pemirsa. Mari kita merapatkan selimut sejenak.

Thanks for tonight, Ryeong :*

0 komentar:

Posting Komentar