Sabtu, 11 April 2015

Rute ke Indonesia Convention Exhibition (ICE)

Jadi hari ini saya memutuskan untuk survey ala ala untuk cek lokasi Indonesia Convention Exhibition (ICE) pake KRL Tanah Abang - Serpong, yang rutenya kurang lebih begini: Tanah Abang - Palmerah - Kebayoran - Pondok Ranji - Jurang Mangu - Sudimara - Rawa Buntu - Serpong.

Tepat jam 6.20 kereta berangkat. Rencana turun di Rawa Buntu, yaitu satu stasiun sesudah Sudimara dan sebelum Serpong. Lumayan cepet juga lah ya, jam 6.52 udah sampe Rawa Buntu. Kenapa turun Rawa Buntu? Karena menurut info, kalo di stasiun Serpong akses ke jalan raya-nya agak jauh jadi harus jalan kaki dulu.

And first impression as I drop off from the train, where the hell I am now xD

The good thing is ada ATM BNI sama Mandiri di dalem stasiun. Ada Alfamart juga. Jalan raya nya di mana? Jalan gedenya fly over gitu, right above the rail. Jadi, dari pintu keluar stasiun jalan ke kiri lurus aja, trus naik tangga deh baru nemu jalan gede. Di situ udah banyak angkot biru ngetem dan ada 3-4 taksi Bluebird. Karena udah liat di google maps sebelumnya, jadi langsung pede dong pilih taksi. LOL. Jam 6.55 udah di dalem taksi, minta turun di ICE. In case bapak supirnya ga ngerti, bilang aja arah Sinarmas Land BSD atau arah AEON Mall. Emang ga begitu lama juga perjalanannya, sekitar 12 menit doang udah sampe ICE, cuma abis 27 ribu aja. Supirnya sempet bilang, kalo di BSD situ harus order minta dijemput, karena emang hampir bisa dibilang no public transport access. Ga ada angkot lewat, taksi juga.


Sampe di ICE, emang bener sepi banget. Gedungnya aja masih baru dan ada beberapa bagian yang masih progress dibangun. Sempet keliling dari gate 1 sampe 6. Katanya sih kalo konser atau expo biasanya di gate 6. Di sana ada security yang lagi jaga dan kasih info bahwa di gate 6 itu fasilitas lumayan lengkap, ada toilet di lantai 1 dan 2. Ada mushola juga di basement dan lantai 2. Yang belum ada ATM center aja, karena emang masih baru banget gedungnya.

--Update ATM--
Sekarang udah ada ATM di ICE

Setelah survey, akhirnya pulang deh, pesen taksi lagi pake Bluebird Taxi Reservation App.


--Update setelah konser--

Jadi, lumayan banyak yang nanya kalo kereta dari daerah mereka langsung ke BSD ada atau tidak. Jawabannya saya ga tau 😂. Jadi, at least kalian harus tau cara nyampe di stasiun yang ada di Jakarta gimana ya yorobun. Nah dari stasiun yang ada di Jakarta (Pasar Senen/Gambir/Jakarta Kota) kalian bisa naik KRL relasi Tanah Abang-Serpong. Naik ojek online udah paling gampang sih ya jaman sekarang karena aman ga bakal nyasar. Masukin aja tujuan stasiun Tanah Abang, tunggu abangnya jemput, udah deh tinggal duduk manis sampe stasiun Tanah Abang. Setelah sampe, beli tiket harian trus cari jalur kereta tujuan Serpong, nanti inget-inget turunnya di Rawa Buntu yes. Baru lanjut taksi/transportasi online/angkot (kalo angkot turun di Giant BSD lalu lanjut shuttle bus ke ICE). Pilih salah satu.

By the way, yang mau naik bis dari daerahnya, atau damri dari bandara Soekarno Hatta bisa langsung cek 2 paragraf paling bawah, ada update alternatif naik bis ;)

Nah kalo pulang konser nih yang agak susah. Karena hampir semua taksi yang lewat ternyata sudah di-book semua.


Solusinya, ada 2.

Satu, booking via app blue bird/telp, tapi janjian sama abang taksinya di tempat yang ga banyak kerumunan orang, jalan dikit lah menjauhi ICE nya kalo mau atau minta jemput spesifik di hall tertentu (yang ga banyak orang/taksi ngetem)

Dua, pake aplikasi transportasi online seperti Grab/Gojek/Uber. Update per Desember 2016, jumlah driver di daerah sekitar BSD udah mayan banyak. Kemarin pas konser KRY, check availability driver Grab Car di sekitar ICE Serpong lumayan ada 3 drivers nearby. Eh begitu order langsung dapat, beruntung banget. Soal tarif bisa langsung cek via app ya, simulasiin aja dari mana mau ke mana. Referensi taun lalu sih kalo ke stasiun Rawa Buntu, grab taxi sekitar 30ribu, kalo grab car sekitar 27ribu. Kalo ke Jakarta Pusat grab taxi 113ribu, grab car 107ribu :D. Intinya jangan pesimis ga bisa pulang ya, haha karena transportasi di Jabodetabek sekarang jauh lebih banyak variasi dan kemudahannya.

Fyi, pas perjalanan ke stasiun Rawa Buntu, sekitar 1 km dari ICE ada POP BSD Hotel, trus ada Giant sama McD juga. Cuma kalo jalan kaki lumayan juga, karena selain jauh, ga liat ada orang jalan di trotoar, hehe. Satu satunya alternatif bagi pendatang sih kayanya taksi ya *sigh*.

--Update list hotel--
Fyi, bagi yang berencana nginep di sekitaran ICE, berikut ini ada beberapa hotel yang lumayan dekat:
POP, Santika, Ibis, dan Fave. Jaraknya beda-beda tapi kalo naik taksi sih ga sampai 30 ribu kok.

Another tips, kalo ramean dan males naik KRL, dari Jakarta bisa coba naik Grab Car/GoCar/Uber, sekitar 111ribu dari Jakarta Pusat, lumayan juga bayarnya kalau patungan kan.

(Oh you can also use my Uber code credit which is worth IDR25000 first free ride, the code is: rizqip5ue)

--Update alternatif pake bis, komentar dari Yonatan Purba--

Jadi guys, buat yang mau naik bis bisa cari yang tujuan akhirnya di Giant BSD ya, nah dari situ ada shuttle bus ke ICE/AEON

Lebih mudah Transjakarta Grogol-BSD (Giant BSD) naik dari Halte Grogol. Halte Giant BSD adalah Halte utama terdekat Shuttle BSD manapun menuju ICE/AEON Mall. Jadwalnya di http://ice-indonesia.com/uploads/2016/04/FREE-SHUTTLE-BUS-route-Icon-Halte-BSD-1-3-.pdf . Dari Stasiun Rawa Buntu juga bisa hanya saja harus menggunakan satu kali angkot hijau garis merah arah Tangerang (Cikokol-BSD) untuk menuju halte ini dengan biaya 3 ribu turun di Giant BSD.


Semoga bermanfaat! Selamat nonton konser Supershow, SJ KRY Phonograph, dan konser-konser lainnya. Tips lengkap nonton di ICE bisa cek di postingan ini ya. Feel free to ask and leave the comment below :D

61 komentar:

  1. Hai... mencari tahu rute ke ICE buat nonton ss6 dan nyasar kesini. Hihihi....
    Btw kamu dr arah mana? Aku dr dukuh atas. Berniat bareng naik krl? Contact me on twitter/ig @diannurlizta. Tq :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, maaf sejak sebelum konser baru sempat buka blog baru saja. Jadi fangirl memang sibuk ya :p

      Hapus
  2. thanks infonya ya! ICE bakal ngehits nih tahun-tahun ini jadi venue konser, dan jadi ke blog kamu buat liat caranya nyampe ke sana :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mendadak pv blog iseng ini jadi banyak XD

      Hapus
  3. Butuh nego sampe berbusa ama supir taksinya buat nurunin harga ya wkwkkk
    Gpp deh yg penting udah ketemu donghae oppa xD

    PS : yang nonton bareng kamu ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. diiil, kamu kok nyasar ke sini juga,aku malu wkwkwk ><

      Hapus
  4. thanks ya buat infonya.. lagi cari2 info juga nih buat transport dari ICE..
    kalau boleh tau, kamu pake aplikasi apa buat panggil taksinya?
    terus mau booking buat taksinya nunggu setelah konser gimana ya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blue bird reservation ^^
      terserah sih mau pesen kapan, yg penting pas ditelp balik sama supirnya untuk konfirmasi tempat, kasih detail yg spesifik aja, jadi ga bingung carinya nanti hehe

      Hapus
    2. ow gitu..
      oke thanks ya buat infonya ^^

      Hapus
  5. Waaaah ngebantu banget infonya
    Pas banget ketemu ini blog
    Emang lagi cari cari info tentang transport di ICE buat kry nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seneng bisa bantu ^^ padahal ga lengkap2 amat hehe
      kalau naik bis biasanya turun di Giant BSD,dari situ bisa naik ojek
      Met nonton KRY ^^

      Hapus
  6. Hai mau tanya itu balik konser jam berapa ya?kayanya susah juga booking taxi kalo selesai konser jam 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu konser SS6 kebetulan selesai jam 6 sore, kebetulan waktu konser KRY juga selesai jam 6, dan ada beberapa grab car, sekitar 3 driver yang sedang di sekitar, coba saja, saya langsung dapat begitu order, grab car biasanya beroperasi sampai lewat tengah malam

      sebagai alternatif juga silakan pake aplikasi reservasi bluebird ^^, telpon juga pasti dapat kok, tenang aja

      Hapus
  7. Kak, kalo selesai konser kira2 jam 9 malam, krl nya masih ada gak ya?��

    BalasHapus
    Balasan
    1. serpong-tanah abang paling malem jam 9.35, nanti pas hari H cek aja ya di web nya http://www.krl.co.id/Info-Jadwal-KA-Commuter.html
      Cari dari serpong ke stasiun tujuan kamu

      Hapus
  8. Mau nanya dong... Aku mau nnton konser tp kira2 kelarnya sekitar jam 9 malam... Kalo jam segitu ada taxi atau grab car gak? Kalo misalkan aku nelpon bluebird gitu bukan dri aplikasi online gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      coba nanti hari H cek aja ya, sekarang udah semakin byk unit grab car, go car, atau uber. mereka semua operasi 24 jam. kalo no telp blue bird pool BSD bisa hubungi ke (021) 53154444

      Hapus
  9. Lebih mudah Transjakarta Grogol-BSD (Giant BSD) naik dari Halte Grogol. Halte Giant BSD adalah Halte utama terdekat Shuttle BSD manapun menuju ICE/AEON Mall. Jadwalnya di http://ice-indonesia.com/uploads/2016/04/FREE-SHUTTLE-BUS-route-Icon-Halte-BSD-1-3-.pdf . Dari Stasiun Rawa Buntu juga bisa hanya saja harus menggunakan satu kali angkot hijau garis merah arah Tangerang (Cikokol-BSD) untuk menuju halte ini dengan biaya 3 ribu turun di Giant BSD.

    BalasHapus
  10. Hai .. aku mau nanya. Kan saya dari cirebon jadi untuk naik kereta cuman ada sampai gambir. Kalau dari gambir mau ke ice bsd kira-kira naik apa ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. Hai .. aku mau nanya. Kan saya dari cirebon jadi untuk naik kereta cuman ada sampai gambir. Kalau dari gambir mau ke ice bsd kira-kira naik apa ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari gambir agak susah karena KRL cuma lewat langsung/gak berenti. jadi alternatifnya paling naik gojek ke stasiun Tanah Abang ya..
      Ada juga sih stasiun KRL terdekat dari Gambir, Gondangdia, tapi kalo ke arah Rawa Buntu agak repot harus transit dua kali, di Manggarai dan Tanah Abang

      Hapus
  12. Gan.. Sorry nih sya numpang tnya hehe. Saya lgi kebingungan nih untuk pergi k ice bsd untuk fanmeet monsta x d sna. Kira2 klo rute dri Indramayu kita pke kereta, rute ny k mna aja ya? Mohon pencerahannya nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jakarta turun stasiun mana? kalo Pasar Senen, bisa naik KRL transit di stasiun Tanah Abang lalu ambil KRL arah Serpong. Turunnya di Stasiun Rawa Buntu ya. Dari Stasiun Rawa Buntu, satu kali naik angkot hijau garis merah arah Tangerang (Cikokol-BSD) turun di halte Shuttle Bus (Giant BSD) u/ ke ICE dengan biaya 3 ribu. Atau dari Rawa Buntu bisa juga naik taksi bluebird sekitar 27ribu langsung turun di ICE

      Hapus
    2. sist..😁 info jafwal keberangkatan KRL donk.. kalo jam 9an... masih beroprasi gk... trmksh

      Hapus
  13. Kebetulan besok minggu mau ke sana

    BalasHapus
  14. Jadi lebih baik Rawa Buntu atau Serpong kak stasiunnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rawa buntu mas
      kata supir taksi, dari stasiun serpong masih jauh buat ke jalan raya nya

      Hapus
  15. Sangat membantu.. Buat bekel nonton BTS... Terimakasih banyaak...

    BalasHapus
  16. Sangat membantu.. Buat bekel nonton BTS... Terimakasih banyaak...

    BalasHapus
  17. untung nemu ini. aku smape pusing gimana caranya dari Indramayu bisa nyampe BSD. mau nonton BTS Wings Tour nih masalahnya. keke
    kereta dari indramayu kaga ada kah yang langsung ke BSD? :( biar sekali aja. dan ga pake tersesat keke

    btw, thanks infonya. ditunggu balasannya karena bener2 penting hehe
    감사합니다! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dari stasiun gambir/pasar senen udah paling gampang naik ojek online ke stasiun tanah abang hehe. jadi siapkan aja aplikasi ojek online ya.
      kalo kereta indramayu langsung bsd kayanya ga ada

      Hapus
    2. Kl misal dr gambir trs pk grab ke bsdnya, gmn? Bisa kah?

      Hapus
    3. iya grab car bisa aja kok, langsung simulasiin di appnya aja untuk tarifnya

      Hapus
  18. Anyeong,
    mw tnya klo rute dri pemalang jateng ke ice bsd kira2 gmna yah? Transport'a naek apa ajah...
    Mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau naik KRL ke BSD, bisa ke jakarta dulu lalu ke stasiun tanah abang, dan turun di rawa buntu.
      kalo mau naik bis, cari tujuan BSD serpong turun di Giant BSD

      Hapus
  19. kak mau tanya.. kalau turun pasar senen, tapi kan sampe pasar senen jam 12 malam nah itu kalau naik grab langsung ke penginapan deket bsd bisakah? kira2 kena biaya brp ya? mohon jawabannya.. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok,aku pernah naik grab jam 2 malem.. kira2 110-150rb ke bsd, sama tergantung lg high fare atau nggak

      Hapus
  20. Wahh sangat membantu nih buat nanti nonton wings tour BTS. Mau nanya nih kak, kalo misal selesai konsernya jam 9 malem msh sempetkah naik krl? Atau pulang ke daerah kalideres gampangnya naik apa kalo jam segitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling malem jam 10 sih tapi sepertinya ga keburu karena transport ke stasiun jg belum tentu langsung dapet, kecuali berencana keluar sblm konser selesai, gitu..

      Hapus
  21. halo, free shuttle bus ice-aeon masih beroperasi sampe sekarang kah? thankies ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, kebetulan aku belum pernah coba jadi kurang tau, tapi sepertinya masih ada

      Hapus
  22. di ice ada wifi ga sih? jaga-jaga kalo susah sinyal kaya di *ehm* kokas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada :)))) terakhir kesana pas konser BTS, semua operator susah sinyal

      Hapus
    2. Oh kalo pas lagi konser gitu susah signal juga ya? Wajar aja sih kayaknya dikerumunan orang banyak gitu 😂😂😂 gimana pengalamannya nonton konser kpop disitu? 😆

      Hapus
    3. Oh kalo pas lagi konser gitu susah signal juga ya? Wajar aja sih kayaknya dikerumunan orang banyak gitu 😂😂😂 gimana pengalamannya nonton konser kpop disitu? 😆

      Hapus
    4. iya sinyal susah banget kadang ada kadang ilang. seru seru aja sih di ice karena emang ga ada venue yg lebih bagus lagi haha. ga enaknya ya masalah kendaraan itu doang, untung2an

      Hapus
  23. Maaf numpang tanya. Kalau hotel untuk backpacker deket2 ice bsd situ hotel apa aja ya? Hehe. Sama yang pernah pake pesawat, dari bandara gimana kalau mau ke ice? Aman gak ya kalo diambili uber, gojek, atau grab gitu dibandara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hotel backpacker bisa di POP, lumayan murah. kalo mau lebih murah lagi paling cari guesthouse. Iya bisa kok dari bandara, aman asal koordinasi aja sama drivernya biar ketemunya gampang

      Hapus
  24. Assalamualaikum kak, aku mau nanya, aku dari Babelan Bekasi mau ke ice bsd kalau pakai krl jurusannya gimana ya kak, aku bingung dan takut juga karna baru pertama kali, mohon di jawab ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ke ice BSD untuk nonton twiceland kah?

      Hapus
  25. Mau tanya kalo ke ice bsd bawa motor bisa ga sih?

    BalasHapus
  26. haloo mau tanya dong kalo misalkan selesai konser jam 10 atau set11 kemungkinan masih bisa pulang naik kereta gak ya ? atau harus nginep di hotel ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau bantu jawab..... Kereta dari stasium serpong paling malam jam 22.20

      Hapus
  27. Halo kak, mau nanya kalo naik krl dari senen ke rawa buntu itu sekitar berapa menit yaa? Terus krl paling pagi itu jam berapa? Makasih

    BalasHapus
  28. mohon info donk, dari JIEXPO kemayoran ke ICE BSD naik transJkt dari mana yah ? lumayan bingung nih..

    BalasHapus
  29. Halo mau tanya dari ice bsd ke bandara cgk berapa jam perjalanannya? Kalo pagi sekitar jam 9an pagi itu rawan macet atau enggak? Makasih sebelomnya...

    BalasHapus